BELAJAR BAHASA INGGRIS " GREETING"


Mari kita belajar mengerti akan percakapan dalam bahasa Inggris dan artinya. Tentu saja kelihatan mudah jika kita mengucapkan good morning, good afternoon, good evening, dan lainnya. Tapi belum tentu tanpa kita sadari, kita kurang mengetahui secara jelas penggunaan kata kata tersebut. Untuk ini saya akan menjelaskan tentang penggunaan kata kata greeting kepada semua pembaca setia laskar pelangi anak bangsa, khususnya buat semua adik-adik pelajar yang ingin belajar.

1.Good morning – selamat pagi

Diucapkan antara jam 03.00 (dini hari) sampai jam 11.00 (siang). Dan pengucapan good morning hanya diucapkan sekali saja dalam waktu seharian kepada orang yang sama, dan bila pada hari yang sama kita berjumpa dengan orang yang telah kita ucapkan kata Good morning, maka kita tidak perlu mengucapkan good mornig lagi melainkan cukup dengan mengucapkan kata-kata sapaan lainnya, seperti, hi (hai) atau hello (halo), atau bisa dengan bahasa tubuh seperti mengangguk saja.

2.Good afternoon – selamat tengah hari / selamat sore

Diucapkan antara jam 14.00 (siang) sampai jam 18.00 (sore).Orang yang mengucapkan good afternoon biasanya orang yang bekerja atau beraktivitas di sore hari. Dan juga perlu anda tahu,bahwa di Eropa, di Amerika, di Jepang perusahaan baik pemerintah maupun perusahaan swasta buka dari pagi sampai sore, bahkan tak jarang sampai malam.


3.Good evening – selamat malam

Diucapkan antara jam 18.00 (sore) sampai jam 24.00 (malam)


4.Good night – selamat malam / selamat tidur

Perbedaan antara good evening dan good night adalah : Good evening diucapkan jika kita berjumpa dengan seseorang di waktu malam hari, sedangkan good night diucapkan jika kita hendak berpamitan di waktu malam hari, dan mengenai tenggang waktunya tak ditentukan secara pasti ( bebas, asal malam hari)


5.Good noon / good day – selamat siang

Diucapkan antara jam 11.30 (siang) sampai jam 14.00 (siang).


Tambahan : Untuk pengucapan kata kata seperti Hello, Hai, Hallo, diucapkan jika kita bertemu dengan teman yang telah kita kenal dan usianya sebaya dengan kita, dan biasanya jika mengucapkan salam diikuti oleh nama dari orang yang kita sapa, misalanya, Good mornign Mr.Smile (Selamat pagi Tuan Smile).

Ucapan greeting seperti good morning dan lainnya itu biasanya diikuti juga dengan menanyakan tentang kesehatan atau keadaan dari orang yang kita sapa tersebut, dan perlu anda tahu, orang Inggris sangat sangat senang bila ditanya tentang kesehatannya, yang berarti suatu kehormatan bagi mereka karena ada orang yang memperhatikan kesehatannya dengan menegurnya secara baik dan perhatian.

Tambahan kedua : Mengenai pengucapan How Do You Do, digunakan untuk salam perkenalan, misalnya ada seseorang yang memperkenalkan diri kita kepada orang lain, maka kita tak perlu lagi menyebut nama kita. Contohnya :

Smile            :Mr Christ this is Mr. Bond   (Tuan Christ, ini adalah Tuan Bond)

Bond             : How do you do? (Apa Kabar ?)

Christ            :How do you do? (Apa Kabar ?)

Catatan penting

Jika memperkenalkan dua orang atau lebih, yang terdiri dari pria dan wanita, maka yang wanita harus diperkenalkan terlebih dahulu.

Dan yang berusia lebih muda harus diperkenalkan terlebih dahulu.


Semoga bermanfaat untuk semua,…
SMILE JUST LOVE TO SHARE














 25 November 2011