FENGSHUI dan PERAMAL KANGkung



Lama saya tidak menulis, namun karena begitu banyak kejadian dan tontonan yang tidak mendidik , maka saya pun tergugah untuk menulis akan semua perihal yang saya rasa sudah semakin melenceng dan salah.

Saya berbicara tentang ramalan, berbicara tentang ahli supranatural yang makin hari makin menjadi pembohong publik. Terus menerus menakuti masyarakat, dan membangun suatu persepsi tentang kehebatan dari suatu hal yang gaib, yang ujug-ujugnya, walaupun berkata tidak mengarahkan kepada kepercayaan tertentu, namun justru menggiring pemirsanya untuk berpikir ke arah itu.

Peramal terus meramal sampai ramalannya tidak terbukti. Ujug-ujug mereka akan berkata namanya juga manusia, jika ramalannya meleset. Maaf, muak sekali saya mendengar semua manusia yang menyebut diri mereka peramal handal, tahu akan masa depan, tahu harus menangkal apes, dan tahu bagaimana caranya untuk menghilangkan naas dari kehidupan manusia.

Beberapa waktu lalu seorang peramal yang sebut saja namanya KANGkung, mengatakan bahwa kamar mandi tidak boleh didalam kamar, karena unsurnya dingin, atau pun dapur yang unsurnya panas. Lalu bagaimana menanggulanginya? Untuk kamar mandi yang berada dalam kamar adalah dengan cara menggantung kerincingan yang diletakkan di kusen pintu kamar mandi tersebut. Tujuannya adalah untuk menguraikan keapesan yang ditimbulkan oleh kamar mandi yang berada di dalam kamar mandi, lengkap dengan arah pintunya yang tidak boleh menghadap ranjang atau bersejajar dengan ranjang. Maaf, peramal seperti itu namanya peramal sontoloyo. Fengshui yang dalam dialek hokkien nya disebut Hongshui tercipta dahulu kala untuk menjaga keselarasan dalam kehidupan manusia semata, yang kemudian maknanya makin lama jadi bergeser ke arah yang berbau tidak logis, dan berbau mistik.

Sungguh menyedihkan mereka yang berprofesi sebagai pembohong. Pembohong yang terus berbohong sampai mereka sendiri menyangkal kebohongannya. Fengsui atau Hongsui memang ada namun tidak seperti yang diartikan pada jaman sekarang ini. Siapa yang mengatur rejeki manusia? Dari fengshui atau dari Hongshui? Hahaha, tanpa mengurangi rasa hormat, orang dungu sajalah yang berpikiran seperti itu. Rejeki didapat dari Tuhan, melalui usaha manusia itu sendiri. Bukan karena kamar tidurnya menghadap ke utara, atau tempat tidurnya menghadap ke timur.

Kenapa sih peramal bernama KANGkung itu “sok banget” bisa mengatakan tentang masa depan dari kehidupan manusia, kehidupan masyarakat bahkan tentang kehidupan masa depan suatu bangsa dan negara? Apa yang dibicarakan ; energi, elemen, tetek dan bengek.

Peramal hanya bisa mengatakan ramalannya secara garis besar, dan semua itu pasti tentunya akan terbukti, seperti kita harus gigih, agar sukses ; jangan sombong, jika mau disenangi banyak orang ; jangan boros, nanti miskin, jangan sembrono, nanti celaka, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, siapa yang bodoh? Yang diramal atau si peramalnya? Tentu saja yang diramal. Karena senang dibodohi daripada berdoa kepada Tuhan. Kembali kepada si peramal KANGkung, dia pun mengatakan sangat baik untuk menaruh patung binatang - binatang di rumah. Yang pertama, Kuda, untuk ketangkasan, atau kekuatan, lalu anjing untuk kesetiaan, ketimbang menaruh patung yang punya daya seni yang tinggi. Ada – ada saja.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang apa itu Feng Shui, mari kita bahas mengenai Fengsui tersebut.

Apakah Fengshui (风水) itu? Fengshui terdiri dari 2 kata, yakni kata Feng() yang berarti angin dan kata Shui () yang berarti air.

Fengshui adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia untuk hidup selaras dengan alam dan lingkungan sekitar.

 Fengshui bisa juga diartikan sebagai suatu cara yang bisa meningkatkan energi positif dan meminimalkan energi negatif, misalnya dalam pengaturan tempat tinggal atau rumah kita agar menjadi lebih baik untuk ditempati, atau bagaimana memajukan bisnis atau usaha yang kita geluti. Prinsip Fengshui pada dasarnya sederhana, karena mengikuti pola yin yang atau keseimbangan. Hal tersebut serta merta berbau arsitektur, dan desain dalam pembentukan posisi suatu isi rumah atau tempat usaha. 

Tujuannya adalah untuk menjaga keselarasan, menampilkan suatu hal yang menarik, penataan yang indah dan juga menjaga kesehatan dari para penghuninya.
Dalam Agama Tao (Dao Jiao) terdapat beberapa kelompok khusus yang mempelajari ilmu-ilmu tertentu. Ilmu-ilmu tersebut adalah hasil dari riset para ahli selama ribuan tahun lalu, sehingga di zaman modern saat ini kita masih bisa mengenal dan mempelajari ilmu-ilmu tersebut. 

Beberapa ilmu atau keahlian khusus yang terkenal dan bisa dipelajari saat ini antara lain :

- Aliran ilmu kesehatan dan obat-obatan
- Aliran ilmu kesehatan pernafasan
- Aliran ilmu meditasi
- Aliran ilmu filsafat
- Aliran ilmu bela diri
- Aliran ilmu akrobatik


Di dalam aliran ilmu akrobatik, terdapat cabang ilmu Fengshui. Sering disebut orang dengan istilah Hongshui. Salah satu yang paling sering ditanyakan oleh masyarakat pada umumnya dalam ilmu Fengshui adalah Fengshui rumah, Fengshui makam, Fengshui usaha, dan sebagainya.

Fengshui adalah suatu ilmu yang bisa dipelajari.

Fengshui sebenarnya bisa dijelaskan dengan logika dan ilmu pengetahuan. Karena itu, ada banyak sekolah atau universitas khusus (setidaknya ada jurusan khusus) dalam mempelajari ilmu Fengshui ini. Bahkan tidak sedikit jebolan lulusan teknik Arsitek yang menggabungkan ilmu rancang konstruksi bangunan ‘modern’ mereka dengan ilmu Fengshui ini. Yang bisa mereka ambil, maka pasti diambil dan dimasukkan dalam rancangan karena cocok atau sesuai dengan ilmu yang mereka dapat dari Arsitek (bisa diterima secara logika).

Dalam Fengshui, ada sebagian teori yang bisa dijelaskan dengan logika dan ilmu pengetahuan; namun ada pula yang belum bisa dijelaskan dengan logika dan ilmu pengetahuan.

Contoh kasus yang sudah bisa dijelaskan secara logika adalah :
- Rumah yang terletak di puncak gunung tanpa adanya penghalang apapun bisa membuat penghuni rumah tersebut mudah terkena penyakit karena angin yang kencang.

- Rumah yang dibangun dibawah tebing curam juga tidak baik karena mudah terkena longsor.

- Rumah yang menghadap tempat sampah atau dibantaran sungai tidak baik karena kuman bakteri dari sampah tersebut bisa mengganggu kesehatan bagi pemilik rumah.


Contoh kasus yang masih belum bisa dijelaskan secara logika :
- Tangga didalam rumah yang menghadap keluar atau menghadap pintu utama mempunyai kecenderungan penghuni rumah tersebut sulit mendapat kekayaan.
 

- Rumah yang posisi letaknya lebih rendah dibanding jalan raya, mempunyai kecenderungan sulit mendapat kekayaan.

Yang tidak bisa dibahas dengan logika tentu saja sudah melenceng dari makna ajaran sebenarnya.
Kesimpulannya, Fengshui itu memang benar adanya dan ternyata bisa berpengaruh terhadap kehidupan kita. Seperti yang tertulis dalam definisi Fengshui diatas :

Fengshui adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara manusia untuk hidup selaras dengan alam dan lingkungan sekitar“.

Jelas dalam maksud nya tersebut, manusia perlu untuk hidup selaras dengan alam, bukan sebaliknya, menentang alam! Hasilnya bencana alam lah yang terjadi saat ini, seperti banjir akibat membuang sampah sembarangan, tanah longsor atau erosi akibat penebangan hutan sembarangan, efek pemanasan global, polusi udara, pencemaran air, sampai pengeboran tanah untuk mencari sumber minyak, yang berdampak pada terjadinya luapan lumpur yang tidak terkontrol yang pada akhirnya merusak lingkungan (kasus Lumpur di Sidoarjo, Indonesia). 

Itu semua karena manusia banyak menentang alam akibat KESERAKAHAN dalam dirinya.
Fengshui bukanlah suatu kepercayaan takhayul, juga bukanlah sesuatu yang mistik ..Fengshui adalah sebuah ilmu pasti, bukan ilmu mistik.

Banyak dari mereka yang mengatakan diri mereka adalah suhu, ahli fengshui, namun hanya berbekal pengetahuan yang minim yang ujug-ujug selalu mengkaitkan fengshui dengan hal tak wajar yang tentu saja tak bisa diterima dengan akal sehat. Karena jika bisa diterima dengan akal sehat, maka “kebohongan” dan aksi tepu-tepu mereka akan menjadi mandul dan ompong. Orang tidak akan lagi datang ke ahli fengshui karena bisa belajar dengan logikanya sendiri. Maka dari itu mereka akan terus menggabungkan Fengshui dengan dunia mistis karena memiliki nilai jual yang tinggi dan tidak bisa digugat dan disanggah dengan cara apapun yang menggunakan logika dan akal budi.

Aturlah rumah dengan berbekal ilmu desain, arsitektur dan kesehatan, sehingga hidup kita terhindar dari bahaya, bukan karena hal gaib dan tabu dalam pantangan meletakkan sesuatu di dalam rumah, atau letak posisi dari suatu rumah karena keapesan atau kesialan.  

Semua tidak benar. 

Artikan ilmu dengan logika dan akal budi, bukan dengan kebodohan yang selalu menghubungkannya dengan hal gaib yang tidak gaib, dan hal supranatural yang tidak supranatural.

Bayangkan di negeara barat, kenapa walau tidak percaya fengshui mereka tetap bisa jadi orang sukses, atau di jazirah Arab, orang-orangnya banyak yang kaya raya, bahkan sangat kaya? Jika percaya kepadanya dengan berpengertian terhadap suatu ilmu yang baik bagi kehidupan manusia, tanpa ada embel-embel gaib, kenapa tidak dicoba? Namun jika mengagulkan kegaiban dan mistik melulu, mau dibilang apa negeri kita tercinta ini? Negerinya para penyihir, atau negerinya para pemimpi yang penuh halusinasi?

Kesimpulannya adalah jangan mempercayai ahli fengshui yang selalu berbicara tentang hal-hal yang dikaitkan dengan kegaiban, namun bila mereka menjelaskan tentang letak atau posisi suatu rumah, letak ruangan dan sebagainya untuk kebaikan manusia dalam hal kehidupan maka kita boleh mengaminkannya, karena fengshui bukanlah ilmu mistis. FENGSHUI adalah ilmu pasti yang logic.

Sumber : http://www.tionghoa.info/fengshui
Sumber ( gambar ) : http://gudangberita.info/gambar/gambar-koki.html