INDONESIAN IDOL 2012



Sebelumnya saya turut berbahagia dengan pernikahan salah satu juri Indonesian Idol,Anang dengan Ashanti.Sekalipun mereka hanya selebritis yang tentunya tak kenal dengan saya, tapi saya merasakan kebahagiaan ketika Anang Hermansyah bisa mempunyai istri secantik Ashanti. Tuhan tak pernah salah, dan Tuhan selalu memberikan yang terbaik buat umatnya yang lurus, dan Anang adalah salah satu dari manusia yang menerima kebaikan Tuhan yang tak pernah tidur memperhatikan kita.

Selamat Menempuh hidup baru, dan semoga bahagia sampai akhir hayat.

INDONESIAN IDOL….
SPEKTAKULER DAN LUAR BIASA DI MAGNIFICENT SEVEN

Banyak sekali ajang pencarian bakat yang diadakan banyak stasiun TV, namun Indonesian Idol kali ini adalah suatu tayangan yang amat spektakuler. Kehadiran para kontestan sampai pada tujuh besar sangat membawa warna berarti bagi industri musik Indonesia. Juri yang dipilih pun bukan juri sembarangan yang gampang jatuh hati atau berpihak kepada kontestan karena cerita iba, atau faktor lainnya diluar dari genre yang dibicarakan disini, MUSIK!

Beberapa waktu lalu ketika melihat sebuah tayangan ajang pencarian bakat di sebuah stasiun tv swasta, perasaan saya sempat sedikit miris melihat para fans mendukung bukan karena kualitas namun karena iba akan status sosial dari kontestan yang pada saat itu keadaannya memang sangat melankolis. Itu tidak ditemukan dalam INDONESIAN IDOL di RCTI. Jurinya sangat profesional, tidak melulu harus bersimpati karena sebuah situasi.

Musik, musik, dan musik lah yang menjadi penilaian mereka.

Selain Anang yang merupakan seorang musisi top Indonesia, yang kaya dengan segudang pengalaman, Agnes Monica the real diva Indonesia pun turut ambil bagian ditemani juri baru yang tak kalah terkenalnya di blantika musik Indonesia, Ahmad Dhani. Mereka bertiga bukan musisi karbitan dan bukan musisi numpang lewat yang dimiliki Indonesia, tapi mereka adalah aset bangsa Indonesia dalam bidang musik karena karya dan prestasi mereka.


Anang Hermansyah, sudah berkiprah selama 25 tahun di blantika musik Indonesia, mengeluarkan banyak album dan single yang menjadi hits di Indonesia. Deretan prestasi dan karya-karya terbaiknya lah yang membawa Anang Hermasyah kemudian sering disebut sebagai “The Multi-talented Produser”.


Agnes Monica,seorang bintang multi talenta yang sudah go internasional dan sangat berprestasi dalam perjalanan karir bermusiknya, Real Diva yang bangga dimiliki Indonesia. Peraih Best Female Singer pada ajang AMI Awards 2011 ini berhasil melakukan gebrakan baru di dunia musik Internasional dengan tampil di American Music Awards pada tahun 2011  dan tampil dihadapan publik negara Brazil dalam rangka tur Esencial  di tahun yang sama. Saat itu Agnes menyanyikan lagu dalam bahasa latin dengan lancar yang mendapat sambutan yang luar biasa dari publik Brazil. Tak hanya itu, Agnes Monica juga berhasil merilis single barunya yang berduet dengan penyanyi kenamaan dunia, Michael Bolton yang berjudul “Said I Love You But I Lied”.

Ahmad Dhani, yang bernama lengkap Dhani Ahmad Prasetyo ,seorang musisi yang multi talenta juga,telah banyak mencetak penyanyi di Indonesia, dengan album yang selalu menduduki peringkat atas dalam urutan lagu laris Indonesia. Manajeman REPUBLIK CINTA (RCM, Republik Cinta Manajement) kepunyaannya menjadi sebuah aset luarbiasa yang dimiliki Indoneisa.selain itu juga bisa dikatakan sebagai barometer musik Indonesia, yang menunjukkan ke-eksisan Indonesia dalam berkarya di blantika musik. Kemampuannya menciptakan lagu-lagu hits di tanah air membawa Ahmad Dhani mampu meraih gelar “The Immortals” yang dinobatkan secara khusus kepadanya versi majalah Rolling Stone.

Setelah sedikit menceritakan tentang ketiga juri top yang ada di Indonesian Idol, kini saatnya menceritakan tentang semua kontestan nya yang sangat unik dan berkarakter tersebut.

Mereka adalah laki-laki dan perempuan luarbiasa yang membanggakan Indonesia untuk saat ini.Sepak terjang mereka selalu masuk dalam trending topik worldwide, wow, sungguh spektakuler.
Saya akan mulai mengapresiasikan ketujuh kontestan yang digelari MAGNIFICENT SEVEN oleh Host terkenal Daniel Mananta.

Yang pertama,
REGINA
Seorang penyanyi kelahiran Jakata 04 Desember 1985 yang karakter suaranya sangat powerful dan luarbiasa.Suara dalam penampilannya banyak dipuji oleh para juri, dan ketika preformnya pun Regina banyak mendapatkan tak sekedar pujian dari para juri Indonesian Idol, akan tetapi sampai mendapatkan standing applause. Ketika bernyanyi Regina sangat dewasa dalam mengontrol kualitas suaranya. Regina tahu waktunya kapan untuk berteriak, dan kapan waktunya untuk berlirih dengan romantis ketika menyanyi di depan audience. Anang pun memuji bahwa suara rendah regina sangat kuat dan bagus, bahkan Ahmad Dhani pun mengatakan baru melihat Diva dalam diri Regina. Menurut Ahmad Dhani, INDONESIAN IDOL LIKE AMERICAN IDOL ketika menyaksikan Regina bernyanyi, amazing!

Suaranya yang powerful ,merdu dengan keunikan  “suara kapal selamnya” benar-benar membawa Indonesia menjadi bersinar dengan diadakannya ajang IDOL ini.
Dan menurut saya sendiri, Regina adalah kandidat terkuat sebagai pemenang Indonesian IDOL 2012.

REGINA……TINA TURNER from INDONESIA…. Good luck!

Yang kedua,
KAMASEAN Y.MATTHEW “SEAN”
Seorang gadis 16 tahun kelahiran Jakarta 30 Juni 1995 yang sangat luarbiasa. Vokalnya yang mumpuni sangat bertolak belakang dengan usianya yang masih sangat hijau.Dewasa dalam bernyanyi adalah suatu hal yang selalu dilakukan ketika Sean sedang bernyanyi, dan hal tersebut diakui oleh Anang. Sean sangat bertalenta dalam bidang tarik suara, betapa tidak, umur dan kulitas suaranya sangat tak sebanding. Masih sangat muda namun sudah kaya akan teknik menyanyi yang luarbiasa. Itulah yang membuat INDONESIAN IDOL menjadi sangat berbeda kali ini karena kehadirannya.Mimiknya yang sangat berkarakter ketika bernyanyi membuat setiap penampilannya di panggung spektakuler menjadi benar-benar spektakuler. Sean juga merupakan kandidat terkuat sebagai pemenang Indoneisa Idol 2012.

Yang ketiga,
DIONSIUS AGUNG SUBAGYO “DION”
 Pemuda Purwokerto kelahiran Temanggung, 30 April 1986 Seorang laki-laki yang kata banyak wanita termasuk juri Indonesian Idol, Agnes Monica adalah seksi. Namun tentunya penilaian mereka bukan karena keseksian Dion yang juga berbulu. Dion bisa bernyanyi dengan sangat menguasai panggung. Dan ketika bernyanyi, Agnes mengatakan seperti melihat penyanyi Broadway ala Amerika. Jenis musik swing yang dinyanyikannya, serta penguasaan panggung yang sangat baik juga menjadikan Dion merupakan kandidat terkuat yang saya  prediksi akan mengisi 3 besar.Hanya saja Anang sempat merasakan ketakutan jikalau saja Dion tidak bisa bernyanyi dengan gaya selain daripada gaya yang selalu konsisten dilakukan dalam setiap performnya itu. Dion dan keunikan ala broadwaynya merupakan suatu pencerahan dan warna baru bagi industri musik di Indonesia.Dan aksen inggrinya sempat menandingi kepopuleran Aksen Inggris-Jamaika ala Bob Marley, yaitu aksen Inggris Purwokerto.Lagu Tanjung Perak dibawakannya secara perdana menapaki penampilannya di Indonesian Idol 2012.

Yang keempat,
Prattyoda Bhayangkara “YODA”
Seorang laki-laki asal Kebumen Jawa Tengah penjual susu yang bersuara rocker kelahiran 09 Februari 1987. Penampilannya yang sangat ngerock juga tentunya membawa warna bagi INDONESIAN IDOL kali ini. Sebelum masuk Indonesian Idol 2012, pemuda asal Kebumen Jawa Tengah ini bergabung dengan sebuah band yaitu Today Band, bersama bandnya tersebut Yoda Idol sering mengikuti festival band dan berhasil mendapatkan beberapa penghargaan bersama Today Band. Selain itu, Yoda Idol juga sering mengisi acara di cafe dan menjadi bintang tamu di acara musik di Kebumen.

Lagu perdana yang membuatnya masuk ke Indonesian Idol adalah "When I See You Smile" Bad English dinyanyikannya lagi dalam spekta 6.

Sangat disayangkan, karakter vokal rock dan penampilan rocknya yang sangat kuat tidak dibarengi dengan ingatan yang tajam ketika menghapal lirik lagu. Yoda sering sekali lupa lirik ketika bernyanyi, dan itu merupakan kesalahan yang sangat fatal menutur Agnes Monica sebagai seorang penyanyi. Saya pun sangat setuju dengan apa yang dikatakan Agnes, karena modal penyanyi selain dari suara merdu dan penguasaan panggung yang baik adalah tentunya harus hapal lirik lagunya sendiri.Pratyoda harus banyak belajar untuk bisa lebih baik dan meminimalis kekurangannya jika ingin menjadi penyanyi besar. Aura superstar yang sudah melekat dalam dirinya seperti yang dikatakan para juri Indonesian Idol tentunya jangan sampai Yoda sia-siakan.


Yang kelima,
MARIA ROSALIA YOLA DETTA “ROSA”
Seorang perempuan cantik berusia 20 tahun kelahiran Solo, 31 Oktober 1991 yang memiliki suara serak-serak basah ala rocker ini sungguh bersuara sangat merdu dan seksi. Ahmad Dhani pun mengatakan berbicara pun suara Rosa sudah enak, dan memang menurutnya, Rosa terlahir dengan karunia suara yang bagus.Kehidupan masa lalu keluarganya yang sedikit kelabu dibuktikan dengan prestasinya menjadi MAGNIFICENT SEVEN Di INDONESIAN IDOL, sebuah ajang pencarian bakat yang sangat bergengsi di Indonesia.Banyak orang yang tak mengenal keluarganya jadi sontak mengenal mereka untuk saat ini. Rosa telah membuktikan, dengan semangat dan kerja keras, hidup bisa terus berlanjut tanpa harus selalu terpuruk dengan keadaan. Indonesian Idol tidak melihat sisi sedih yang ada dalam diri Rosa sebagai rasa simpati untuk memberikan penilaian, sehingga tak jarang juri mengkritik Rosa dan memprediksikan Rosa di posisi tidak aman setiap minggunya.Itulah ke profesionalan para juri di Indonesian Idol.

Yang keenam,
FEBRI YOGA SAPTA “FEBRI”
Seorang pemuda kelahiran 25 Februari 1988 asal Tegal Jawa Tengah yang bersuara sangat unik ala MUSE,makin menambah warna berbeda bagi musik Indonesia.Febri yang pertama-tama tidak dijagokan sekarang telah berkembang pesat sampai menjadi MAGNIFICENT SEVEN.Febri adalah seorang kontestan yang sangat berkarakter baik dari segi penampilan maupun dari segi suara.Penampilannya yang selalu menggunakan topi koboi menjadi suatu ciri khas yang mebedakan Febri dari kontestan Indonesian Idol lainnya. Dan Ada suatu karakter yang konsisten yang selalu dilakukan Febri ketika selesai menyanyikan sebuah lagi di Panggung Indonesian Idol, yaitu mimik muka datar ala Daniel Craig pemeran James Bond yang terkenal sangat cool dan tanpa ekspresi ketika berperan, dan itu dilakukan oleh Febri ketika selesai menyanyikan lagu.Anda bisa memperhatikan apa yang saya tuliskan ini dengan menonton penampilannya.


Yang ketujuh,
NON DERA ANGGIA PUTRI PRAWITASARI “DERA”
Seorang gadis belia kelahiran Cianjur 02 Desember 1993 yang memiliki keunikan lainnya yaitu memiliki vibra yang dirasakan para juri baru ada saat ini. Keunikan lainnya adalah penampilan nya yang sangat innocent dibarengi dengan keinnocent-an karakter suaranya.Dera mengalami banyak sekali kemajuan selama berada dalam Indonesian Idol, walaupun seperti yang saya prediksikan sendiri bakalan keluar malam ini, tanggal 18 Mei 2012, dan ternyata itu benar, karena Dera mendapat perolehan nilai terendah dan harus pulang meninggalkan panggung Indonesian IDOL malam ini.Namun Anang percaya bahwa ini bukanlah akhir dari segalanya, melainkan perjalanan yang masih panjang buat Dera untuk bisa menapaki industri musik Indonesia yang sebenarnya. SO LONG, DERA……

INDONESIAN IDOL kali ini begitu menegangkan setiap minggunya, dan MAGNIFICENT SEVEN ini tentunya akan menjadi kenangan buat semua penggemar musik Indonesia, karena hari ini, tanggal 18 Mei 2012 telah terpilih 7 orang luarbiasa dengan karakter suara yang sangat berbeda dan unik, sekalipun malam ini Dera harus keluar dari ajang spektakuler ini.

Tetapi MAGNIFICENT SEVEN akan selalu dikenang tentunya….
Sungguh, perlu diakui, ajang ini bisa menjadikan suatu hiburan yang sangat luarbiasa buat kehidupan saya pribadi. Kepenatan bekerja hingga malam hari bisa terobati setiap minggunya karena menyaksikan acara INDONESIAN IDOL setiap hari Jumat di RCTI. Ada suatu penantian yang menggebu yang saya rasakan untuk cepat menuju ke hari Jumat tiap Minggunya. Sungguh, ini tak pernah saya rasakan sebelumnya. Banyak cerita yang bisa menginspirasi saya dari semua kontestan yang masuk Indonesian Idol.Dan ketika menyaksikan acara yang cukup lama durasinya disiarkan secara LIVE, saya kuat lama untuk tak beranjak dari kursi saat menyaksikannya.

Selain dari para kontestan yng begitu unik dan penuh warna, para jurinya juga membawa penyegaran dan hiburan serta wawasan yang sangat menghibur setiap minggunya.Tak bisa dipungkiri, kehadiran Ahmad Dhani membuat Indonesian IDOL kali ini menjadi sangat menarik. Kritikan dan tingkahnya yang kadang unik tentunya memberikan warna tersendiri bagi para penonton yang menyaksikan acara tersebut.

Sayang Agnes harus berada di Los Angeles selama tiga minggu untuk urusan musik GO INTERNASIONALNYA.Selain kehadiran Ahmad Dhani yang sangat menghibur, kehadiran  kembali Agnes sebagai juri tentunya juga dirindukan oleh banyak pemirsa.Seminggu lagi Agnes akan kembali menjadi juri Indonesian Idol karena mungkin urusannya telah selesai di LA sana, seperti yang dikatakan Host Daniel Mananta ketika sedang berkomunikasi dengan Agnes melalui jaringan SKYPE beberapa waktu lalu.

INDONESIA, sebaiknya tidak salah memilih, dan tidak memilih karena adat atau sedaerah,namun perlu memilih secara bijak, sehingga INDONESIA tentunya tidak akan malu jika IDOL yang dilahirkannya bisa dikenal banyak orang, di Indonesia,di Asia, bahkan sampai dunia. Anang pun berkali kali mengingatkan masyarakat Indonesia agar jeli dalam memilih siapa Idol yang memang pantas menjadi idola Indonesia karena memang mereka layak mendapatkan berdasarkan suaranya, bukan hal lainnya.

Prediksi seorang smile adalah Regina dan Sean akan menjadi juara satu dan Runner up satu, sedangkan lainnya akan menempati urutan setelah Regina dan Sean sendiri.

Mari kita lihat perkembangan dan buktinya nanti,….
INDONESIAA IDOL….amazing,…
MAGNIFICENT SEVEN, You are spectacular!

Apresiasi untuk semua MAGIFICENT SEVEN, Regina,Sean,Dion,Yoda, Rosa, Febri, Dera….
Kalian membawa warna baru bagi blantika musik di Indonesia, dan membuat INDONESIAN IDOL VERY COLOURFUL….


Dan untuk ketiga juri INDONESIAN IDOL, you are amazing, and very profesional…create a real winner with their voice quality, not by had a heart….GOOD JOB


By smile
18 Mei 2012